Rabu, 15 November 2017

Pahlawan Bung Tomo

Halo Guys
Kali ini saya akan menjelaskan tentang pahlawan Bung Tomo.
Selengkapnya kalian bisa lihat di sini


Hasil gambar untuk bung tomo

        Bung Tomo juga bisa disebut Sutomo. Ayahnya adalah Kartawan Tjiptowidjojo dari keluarga kelas menengah. Ia pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan, sementara ibunya pernah menjadi distributor lokal perusahaan mesin jahit.Sutomo bergabung ke Kepaduan Bangsa Indonesia (KBI).
       Memasuki usia 17 tahun, ia meraih tingkat Pandu Garuda di KBI. Dengan pangkat tersebut, ia mulai dikenal oleh banyak orang. Di sini Sutomo menunjukkan kepeduliannya kepada bangsa. Selain aktif di di kepanduan, ia juga terlibat dalam dunia tulis menulis.
      Tiga tahun Kemudian, ia bekerja di kantor berita Antara, bagian bahasa Indonesia untuk weilayah Jawa Timur. Pada usia 25 tahun, ia menjadi kepala kantor berita Antara di Surabaya. Pada saat Indonesia merdeka, ia memberitakannya dalam bahasa Jawa agar tidak kena sensor oleh penjajah Jepang.
      Selain sebagai jurnalis, semangat perjuangan sebagai aktivis kemerdekaan masih membara di dalam dadanya. Pada tahun 1944, ia terpilih ia sebagai anggota Gerakan Rakyat Baru, dan pengurus Pemuda Republik Indonesia (PRI) di Surabaya. Patriotis Bung Tomo mulai terlihat secara luas saat peristiwa 10 November 1945.

 Itu adalah kisah Bung Tomo
Sekian dari Saya Wassalammu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar