Rabu, 24 Januari 2018

Cerita Rakyat Jawa Barat

Cerita Rakyat Lutung Kasarung 
dan Purbasari

Assalammu'alaikum guys !
Hari ini aku akan menceritakan tentang Cerita Rakyat Lutung Kasarung dan Purbasari




Prabu Tapa Agung mempunyai dua orang putri, bernama Purbararang dan Purbasari. Suatu hari, raja memutuskan untuk menunjuk Purbasari menjadi ratu. Keputusan itu membuat Purbararang marah. Muncul rasa dengki dalam hati Purbararang. Ia berniat mencelakakan purbasari. Ia pun pergi menemui seorang penyihir. Penyihir itu memantrai Purbasari sehingga wajah dan sekujur tubuhnya berbintik-bintik hitam.
Karena takut menulari seluruh penghuni kerajaan, sang Raja terpaksa mengasingkan Purbasari ke dalam hutan. Selama di hutan, Purbasari berteman dengan hewan, salah satunya dengan seekor kera berbulu hitam. Purbasari menamai kera itu Lutung Kasarung.
Hasil gambar untuk lutung kasarung

Setiap harinya, Lutung Kasarung menghibur Purbasari. Suatu malam, Lutung Kasarung menyuruh Purbasari untuk mandi di suatu danau. Purbasari menurut. Tiba-tiba, kulitnya menjadi bersih seperti semula.
Sementara itu di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat kondisi adiknya Ia kaget melihat adiknya kembali seperti semula. Ia pun marah dan berkata, "Seorang ratu harus mempunyai suami yang tampan. Mana calon suamimu?"
Purbasari kebingungan. Akhirnya, ia menarik tangan Lutung Kasarung. Tiba-tiba, Lutung Kasarung berubah menjadi seorang pangeran tampan. Sadar telah berbuat kesalahan, Purbararang mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Purbasari pun memaafkan kakaknya. Setelah kejadian itu, Purbasari kembali menjadi seorang ratu.
Menurutku cerita ini menceritakan tentang kita tidak boleh iri dengki dan saling menyayangi keluarga.
Masih banyak lagi Cerita Rakyat Jawa Barat jika ingin membaca bisa klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar